Translate

Dalam pemeriksaan urin, ada beberapa jenis spesimen urin yang digunakan dalam pemeriksaan sesuai dengan tujuan pemeriksaan yaitu :
1. Urin sewaktu adalah urin yang dapat dikemihkan kapan saja dan digunakan untuk pemeriksaan penyaring rutin.
2. Urin pagi adalah urin yang pertama kali dikeluarkan di pagi hari yang konsentrasinya lebih pekat. Urin pagi digunakan untuk pemeriksaan sedimen urin, berat jenis, protein, dan tes kehamilan. 
3. Urin puasa (second morning after fasting) adalah urin yang dikemihkan setelah urin pagi dan setelah puasa. Urin puasa digunakan untuk memonitoring kadar glukosa urin. 
4. Urin postprandial adalah urin yang dikemihkan 2 jam setelah makan. 
5. Urin tampung 12 atau 24 jam adalah urin yang dikumpulkan selama 12 jam atau 24 jam menggunakan pengawet dan digunakan untuk pemeriksaan klirens. 
6. Urin tampung 3 gelas biasanya digunakan untuk diagnosis kelainan prostat. Setiap gelas urin mempunyai tujuan pemeriksaan yang bebeda yaiutu gelas urin 1 untuk melihat sel dari pars anterior dan pars prostatica uretra, gelas urin 2 melihat kandung kencing, dan gelas urin 3 khusus untuk pars prostatica dan getah prostat 

Menurut cara pengambilannya, sampel urin dibagi menjadi : 
1. Urin kateter adalah urin steril yang diambil dengan bantuan kateter yang digunakan untuk kultur bakteri. 
2. Urin pancaran tengah adalah pengambilan urin yang paling mudah dan aman. Sebelum pengambilan urin, gland penis atau labia harus dibersihkan terlebih dahulu. Urin pancaran tengah digunakan untuk pemeriksaan penyaring dan kultur bakteri. 
3. Urin aspirasi suprapubik untuk diagnosis infeksi pada saluran kemih, karena urin yang diambil dengan prosedur ini adalah urin steril

Sumber : Tarigan, O. N. (2018). Skripsi. Perbedaan Hasil Urinalisis Metode Dipstik Pada Urin Segar, Urin Simpan 4 Jam Suhu Ruangan, Dan Urin Simpan 4 Jam Suhu 2̊ C-8̊ C. Bandar Lampung
Gambar : https://totalreporting.com

Contoh Soal UKOM
Seorang laki-laki datang ke laboratorium dengan membawa pengantar dari dokter. Pasien tersebut mengeluh kesulitan buang air kecil (BAK), keinginan untuk sering BAK, terutama pada malam hari, merasa seolah-olah kandung kemih tidak dapat dikosongkan sepenuhnya, BAK terasa menyakitkan, dan terdapat darah dalam urine.
Pertanyaan : apa jenis spesimen urin yang sesuai dari pasien tersebut?
A.Urin sewaktu
B.Urin puasa
C.Urin postprandial
C.Urin tampung 3 gelas

Tuliskan jawabanmu di komentar ya 😉

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama