Translate

Asam urat adalah produk akhir atau produk buangan yang dihasilkan dari metabolisme atau pemecahan purin. Peningkatan jumlah asam urat dalam urin segar terkait dengan peningkatan purin dan asam nukleat. Peningkatan asam urat di urin dan serum juga dipengaruhi oleh fungsi ginjal, kecepatan metabolisme purin, jenis makanan, banyaknya konsumsi makanan yang mengandung senyawa purin, dan konsentrasi urin. 
Kristal asam urat biasanya meningkat pada pasien penderita gout, keganasan limfoma, kondisi demam akut, nefritis kronis dan pada pasien leukemia yang mendapat kemoterapi. Pada penderita sindroma Lesch-Nyhan dan penderita gout sering dijumpai kristal asam urat bersama amorf urat dan memiliki kemaknaan klinis yang kecil, karena kristal asam urat  merupakan zat sampah metabolisme normal; kehadiran kristal asam urat biasanya tidak patologis.
Jumlah asam urat yang berlebih dikeluarkan di dalam urin. Asam urat dapat membentuk kristal di dalam saluran kandung kemih dan pada saat urine bersifat asam, akibatnya fungsi ginjal yang efektif dan urine akan bersifat basa.
Kristal asam urat dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, bentuk yang paling sering adalah seperti diamond atau prisma belah ketupat, roset, dan sering juga ditemukan berkelompok. 
Kristal asam urat juga kadang ditemukan berbentuk 6 sisi yang mirip dengan sistin. 
Kristal asam urat berwarna kuning hingga kecoklatan yang disebabkan pigmen warna urin yang mana hal ini dipengaruhi oleh ketebalan kristal, sehingga kristal yang tipis biasanya tanpa warna.
Kristal asam urat pada urin basa  tampak sebagai granula yang lebih besar, memiliki spikula yang serupa dengan ammonium biuret.
Kristal asam urat bersifat sangat birefringent di bawah cahaya polarisasi, yang membantu dalam membedakannya dengan kristal sistin. 

Referensi
.www.jurnal.analiskesehatan-mandalawaluya.ac.id/index.php/JMMedilab/article/view/97/47
.Noviyanti. 2015. Hidup Sehat tanpa Asam Urat. Yogyakarta: Notebook (Perpustakaan Nasional RI)
.Dedy Arianda. Kimia Klinik seri 1. AM-PUBLISHING. 2015. Bekasi
.Kee, Joyce LeFever. 2007. Pedoman Pemerik saan Laboratorium dan Diagnostik Edisi 6. Jakarta: EGC. Pp: 232
.Lieske JC, Leonard R, Toback FG. Adhesion of hydroxylapatite crystal to anionic sites on the surface of renal epithelial cells. Am J Physiol 1997;273:F224-F233. 9. 
.Koka RM, Huang E, Lieske JC. Adhesion of uric acid crystals to the surface of renal epithelial cells. Physiol renal Physiol 2000;278:F989-F998.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama