Translate

Imunologi adalah ilmu yang mempelajari tentang imunitas atau kekebalan akibat adanya stimulasi molekul asing dari luar maupun dari dalam tubuh manusia.
Terdapat tiga hal dasar yang dipelajari dalam imunologi, yaitu :
1.Imunitas atau reaksi tubuh terhadap masuknya benda asing ke tubuh
2.Respons imun atau respons terkoordinir terhadap benda asing,
3.Sistem imun atau reaksi sel dan molekul yang terjadi terhadap benda asing tersebut. 
Manusia di dalam tubuhnya memiliki sistem pelacakan dan penjagaan terhadap benda asing penyebab penyakit atau patogen seperti virus, bakteri, parasit, dan jamur yang dikenal dengan sistem imun.
Sistem imun terdiri dari sel-sel dan molekul-molekul dalam tubuh manusia yang terlibat di dalam mekanisme perlindungan akan mengaktifkan respon imun atau respon kekebalan, yaitu respon yang terjadi untuk menyambut paparan agen infeksius dan menetralisir agen infeksius tersebut agar tubuh tetap sehat.
Apabila sistem imun tidak berfungsi dengan normal, berbagai penyakit akan bermunculan dan menyerang tubuh, seperti alergi, autoimunitas, dan kanker. Oleh karena itu, sistem imun sangat penting sebagai pertahanan tubuh dari berbagai macam gangguan yang merugikan.
Sistem imun dapat dibagi menjadi sistem imun non-spesifik dan spesifik. Sistem imun non-spesifik bekerja cepat dan siap mencegah mikroba masuk ke dalam tubuh.
Sistem imun spesifik bekerja spesifik karena respon terhadap setiap jenis mikroba berbeda dan harus mengenal dahulu jenis mikroba yang akan ditangani. Oleh karena itu, sistem imun ini bekerja agak lama untuk memberikan perlindungan.

Sumber gambar
.www.massgeneral.org/medicine/ciid

Referensi
.M. Syamsul Arif dan Talista Anasag. Bahan ajar teknologi bank darah (TBD) : Immunologi. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. 2019. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan
.Hasdianah, Dewi P, Peristiowati, Imam S. S. Imunologi: Diagnosis dan Teknik Biologi Molekuler. Yogyakarta: Nuha Medika; 2014.
.Baratawidjaja KG, Rengganis I. Imunologi Dasar Edisi 11. Jakarta: Badan Penerbit FKUI; 2014.
.www.halodoc.com/kesehatan/imunologi  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama