Translate

Enterobacteriaceae adalah keluarga besar bakteri yang ditemukan cukup banyak dan dikenal lebih akrab sebagai bakteri yang patogen, seperti Salmonella , Shigella, Proteus, dan Klebsiella.
Kelompok keluarga bakteri ini mencakup jenis dan spesies yang tinggal pada usus besar manusia dan hewan, tanah dan air yang dapat menyebabkan penyakit dengan gejala klinis yang khas seperti demam tifoid dan disentri serta dapat juga menyebabkan infeksi nosokomial. 
Taksonomi untuk keluarga Enterobacteriaceae adalah sebagai berikut :
Kingdom : Protista 
Domain : Bakteri 
Phylum : Proteobacteria 
Class : Gammaproteobacteria 
Family : Enterobacteriaceae
Enterobacteriaceae adalah suatu grup bakteri gram negatif berbentuk batang dengan ukuran lebar 0,3-1,0 µm serta panjang 1,0-6,0 µm yang memiliki habitat natural di usus manusia dan hewan. Bakteri ini hidup pada suasana fakultatif anaerob maupun aerob serta bersifat motil oleh flagel peritrik. 
Ciri koloni keluarga bakteri ini adalah koloninya yang berbentuk bulat mukoid dan cenderung untuk bergabung bila masa inkubasinya diperpanjang. 
Enterobacteriaceae memiliki struktur antigen yang kompleks serta menghasilkan berbagai toksin dan faktor virulensi. Antigen yang dimiliki keluarga bakteri ini adalah antigen somatik O (lipopolisakarida) di luar dinding sel yang memiliki ketahanan panas yang berbeda, antigen K (kapsul) yang terbentuk oleh polisakarida maupun protein dan relatif labil pada panas, serta antigen H (flagel).
Gambar struktur antigen golongan bakteri Enterobacteriaceae :
Ciri yang paling umum yang dapat ditemukan pada kelompok keluarga Enterobacteriaceae adalah semua jenisnya bersifat fakultatif anaerob, dapat memfermentasi glukosa, tidak mempunyai sitokrom oksidase dan dapat mereduksi nitrat menjadi nitrit. Keempat kriteria ini yang dapat membedakan Enterobacteriaceae dengan kelompok mikroorganisme lainnya. 
Pada uji biokimia lainnya, Enterobacteriaceae akan memberi hasil tes katalase positif dan menghasilkan indol dari agar tryptophan. Keluarga bakteri ini biasanya dikultur pada media kultur diferensial seperti agar EMB, agar MacConkey maupun media desoxycholate. 
Genus yang termasuk pada keluarga bakteri ini adalah Escherichia, Shigella, Salmonella, Enterobacter, Citrobacter, Klebsiella, Serratia, Proteus, Erwinia, Yersinia.

Referensi
-BRIGITA SANINA MANULLANG , 1418011043 (2018) IDENTIFIKASI CEMARAN Enterobacteriaceae PADA NUGGET AYAMCURAH DAN NUGGET AYAM KEMASAN DI BANDAR LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

Sumber gambar :
-Jawetz, Melnick & Adelberg’s Medical Microbiology (2016)
-www.upload.wikimedia.org

(ditinjau kembali tanggal 28 Januari 2024)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama